Cara Memperbaiki Wifi Berwarna Abu-Abu (Grayed-Out) Pada Iphone

Ketika WiFi berwarna abu-abu pada iPhone, kemungkinan besar disebabkan oleh problem yang terjadi ketika mengupgrade iOS, sistem operasi yang berjalan di iPhone. Untungnya, ini bukanlah situasi yang umum: Beberapa pengguna mengalami problem Wi-Fi sesudah update OS sementara sebagian besar lainnya tidak, jadi boleh dibilang situasi tersebut untung-untungan. Namun, bila kau menalaminya, kau akan bahagia mengetahui ada beberapa hal yang sanggup kau coba untuk memperbaiki problem WiFi.

Pengaturan Wi-Fi yang abu-abu dan tidak sanggup disentuh paling sering dilaporkan oleh pengguna iPhone 4S, tetapi juga sanggup memengaruhi iPhone yang lebih baru. Bahkan, iPhone atau iPad apa pun yang mengupdate ke versi iOS yang lebih gres sanggup mengalami bug apa pun--kebanyakan biasanya hanya keluar sebelum dirilis ke publik.

Penting untuk mengetahui bekerjsama update iOS itu penting lantaran menawarkan pembaruan keamanan dan menambahkan fitur gres ke perangkat kamu. Jadi, jangan khawatir ihwal update software yang menyebabkan masalah; mereka bukanlah hal yang umum dan kau wajib mengupdate ponsel kau ketika software gres dirilis.

Opsi 1: Pastikan Airplane Mode Mati

Ya, kedengarannya konyol, tetapi sebelum kau melaksanakan sesuatu yang lebih drastis, pastikan Airplane Mode tidak dihidupkan. Airplane Mode merupakan fitur yang menonaktifkan Wi-Fi (dan jaringan seluler) lantaran dirancang untuk memungkinkan kau memakai ponsel kau di pesawat--di mana, dalam beberapa kasus, komunikasi wireless keluar tidak diizinkan.

Cara termudah untuk melihat apakah Airplane Mode aktif ialah membuka Control Center dengan menggesek ke atas dari pecahan bawah layar (atau turun dari kanan atas pada iPhone X). Jika ikon pesawat aktif, ketuk untuk mematikan Airplane Mode dan problem kau harusnya sanggup dipecahkan. Jika tidak aktif, sesuatu yang lain sedang terjadi dan kau harus melanjutkan ke langkah berikutnya.

Opsi 2: Update iOS

Masalah Wi-Fi biasanya disebabkan lantaran adanya sebuah bug, dan Apple biasanya tidak membiarkan bug yang mensugesti banyak pengguna bertahan terlalu lama. Karena itu, ada kemungkinan bahwa versi iOS yang lebih gres telah memperbaiki problem dan dengan mengupgradenya akan mengembalikan Wi-Fi kamu.

Kamu sanggup mengupgrade iPhone kau langsung di ponsel itu sendiri atau menggunakan iTunes untuk mengunduh dan menginstal versi terbaru iOS. Ketika update selesai dan iPhone kau telah dimulai ulang, periksa untuk melihat apakah Wi-Fi berfungsi. Jika masih berwarna abu-abu, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Opsi 3: Reset Network Settings

Jika mengupgrade sistem operasi tidak membantu, masalahnya mungkin tidak ada pada OS kamu--mungkin ada dalam pengaturan kamu. Setiap iPhone menyimpan serangkaian pengaturan yang terkait dengan mengakses Wi-Fi dan jaringan seluler yang membantunya menjadi online. Pengaturan ini terkadang sanggup menyebabkan problem yang mengganggu konektivitas.

Sangat penting untuk mengetahui bahwa mereset network settings kau berarti kau akan kehilangan apa pun yang disimpan dalam pengaturan kau ketika ini. Ini sanggup termasuk kata sandi Wi-Fi, koneksi Bluetooth, pengaturan VPN, dan banyak lagi. Meski hal tersebut tidak ideal, tetapi bila itu yang perlu kau lakukan untuk mendapat Wi-Fi berfungsi lagi, biarlah. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Ketuk General.
  3. Pergi ke pecahan bawah layar dan pilih Reset.
  4. Pilih Reset Network Settings. Jika kau mempunyai passcode di ponsel kamu, kau harus memasukkannya sebelum kau sanggup mereset.
  5. Jika ada sebuah peringatan muncul yang meminta kau untuk mengkonfirmasi tindakan ini, ketuk saja opsi "Reset Network Setting" untuk melanjutkan.


Ketika ini selesai, ponsel kau akan otomatis direstart. Jadi, kau tidak perlu restart ponsel kamu secara manual.

Opsi 4: Atur Ulang Semua Pengaturan

Jika reset network settings tidak membantu, saatnya untuk mengambil langkah yang lebih drastis: mengatur ulang semua pengaturan ponsel kamu. Kamu mungkin tidak ingin mengambil langkah ini lantaran akan menghapus setiap pengaturan, preferensi, kata sandi, dan koneksi yang kau tambahkan ke ponsel kau semenjak kau mulai menggunakannya.

Mengatur ulang pengaturan iPhone kau tidak akan menghapus aplikasi, musik, foto, dll. Namun, selalu disarankan untuk membackup ponsel kamu untuk berjaga-jaga bila ada yang salah.

Tentu tidak menyenangkan harus menciptakan ulang semua pengaturan itu, tetapi mungkin diperlukan. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Ketuk General.
  3. Ketuk Reset di pecahan paling bawah layar.
  4. Pilih Reset All Settings. Jika iPhone kau dilindungi dengan passcode, kau akan diminta untuk memasukkannya sekarang.
  5. Dalam peringatan yang muncul, konfirmasi bahwa kau ingin melanjutkan.


Opsi 5: Restore ke Pengaturan Pabrik

Jika mengatur ulang semua pengaturan tidak berfungsi untuk memperbaiki problem Wi-Fi iPhone kamu, inilah waktunya untuk opsi yang sangat drastis: merestore ke pengaturan pabrik. Tidak ibarat restart sederhana, reset ke pengaturan default pabrik ialah proses dimana kau akan menghapus semua konten atau warta lainnya yang ada di iPhone kau dan mengembalikannya persis ibarat gres lagi.

Ini terang merupakan pilihan terakhir, tetapi terkadang memulai dari nol ialah hal yang perlu kau lakukan untuk menuntaskan problem serius. Ikuti langkah ini:

  1. Sebelum mulai, sinkronkan ponsel kau ke iTunes atau iCloud untuk memastikan kau mempunyai backup semua konten ponsel kamu.
  2. Buka aplikasi Settings.
  3. Ketuk General.
  4. Geser ke bawah dan ketuk Reset.
  5. Ketuk Erase All Content and Settings.
  6. Jika kau membackup iPhone kau ke iCloud, kau akan mendapat pesan untuk Backup, kemudian Erase, atau Erase Now. Pilih yang kau sukai, tapi ingat Backup sangat penting.
  7. Dalam pesan peringatan yang muncul, ketuk Erase Now atau Erase Phone (tombol berubah tergantung pada versi iOS iphone kamu). Ponsel kau akan memerlukan satu atau dua menit untuk menghapus semua datanya.


Setelah itu selesai, kau harus mengaktivasi ponsel kau lagi dan kemudian menyelidiki untuk melihat apakah Wi-Fi berfungsi. Jika ya, problem kau terpecahkan dan kau sanggup menyinkronkan semua konten ke ponsel kau sekali lagi. Jika masih tidak berfungsi, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Opsi 6: Bawa ke Services Center Resmi

Unsplash

Jika semua upaya ini belum menuntaskan problem Wi-Fi di iPhone kamu, mungkin ini bukan disebabkan oleh software. Sebaliknya, mungkin ada yang salah dengan hardware Wi-Fi di ponsel kamu.

Cara terbaik untuk mengetahui apa problem yang terjadi sebenarnya, dan untuk memperbaikinya, ialah dengan membawa ponsel kau ke Apple Store atau services center resmi dan minta mereka menyelidiki ponsel kamu.

Opsi 7: Melakukan Sesuatu yang Gila (Tidak Direkomendasikan)

Kamu mungkin pernah membaca beberapa artikel lain ihwal memecahkan problem Wi-Fi ini, salah satu rekomendasi perbaikannya: meletakkan iPhone kau di lemari pendingin. Meskipun beberapa orang melaporkan bahwa ini memecahkan problem mereka tetapi kami tidak merekomendasikannya.

Suhu yang sangat cuek sanggup merusak iPhone kau dan memasukkannya ke dalam lemari pendingin sanggup membatalkan garansi. Coba opsi ini bila kau ialah seseorang yang selalu mengambil risiko, tetapi kami sangat menyarankan untuk tidak melakukannya kecuali kau bersedia merusak iPhone kau dalam proses mencoba memperbaikinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten