Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Setiap pengguna iPhone sanggup saja mengalami kejadian dimana baterai iPhone tiba-tiba tidak sanggup di-charge. Kalau kita berbicara perihal iPhone yang telah beroperasi lebih dari satu tahun, maka kehilangan kapasitas baterai secara alami mungkin menjadi penyebab kerusakan ini. Dalam hal ini, satu-satunya jalan keluar yaitu mengganti baterai.

Akan tetapi, kalau iPhone gres tidak mau di charge, itu sanggup jadi disebabkan lantaran adanya glitch software atau kerusakan adaptor daya, kabel Lighting, atau hal lain yang menciptakan proses charge iPhone bermasalah. Berikut cara-cara memperbaikinya.

1. Glitch Software

Percaya atau tidak, tapi dalam kebanyakan kasus, penyebab utama kenapa iPhone tidak mau nge-charge ada di software, bukan di hardware. Supaya kau tahu, di dalam iPhone ada controller (chip on the board), yang bertanggung jawab untuk charging baterai. Controller ini bekerja di bawah bimbingan software. Jadi, ketika kau menghubungkan kabel ke iPhone, daya tidak dipasok pribadi ke baterai, tapi pertama-tama ke controller tersebut, yang pada gilirannya tunduk pada agenda yang dijahit ke ponsel.

Dari sini kita mengetahui sebuah fakta kalau komponen software iPhone mengenali ketika sumber arus terhubung ke ponsel dan menginstruksikan controller untuk memulai proses charge. Kalau software dalam keadaan mati, tidak akan ada perintah yang diberikan untuk charging iPhone.

Ada dua cara untuk mengatasi duduk kasus glitch software pada iPhone yang mengakibatkan perangkat tidak mau di-charge, yaitu:

  1. Hard Reset iPhone

    Begini cara untuk hard reset iPhone,

    Langkah 1:  Tekan dan tahan tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan (iPhone 7 dan yang lebih baru) atau tombol Power dan Home secara bersamaan (iPhone 6S dan yang lebih lama). Tetap pegang keduanya hingga kau melihat logo Apple muncul di layar kamu, kemudian lepaskan.

    Informasi lebih rinci mengenai hard reset iPhone - dapat ditemukan di sini.

    Sekarang coba charging iPhone kau sekali lagi. Kalau iPhonemu masih tidak sanggup di charge, lanjutkan dengan perbaikan software yang lebih komprehensif yakni masuk ke DFU Mode.

  2. Masukkan iPhonemu ke DFU Mode dan Restore

    Penting! Pastikan kau backup iPhone ke iTunes sebelum melangkah lebih jauh.

    Apa yang akan kau lakukan yaitu sesuatu yang disebut DFU Restore. (Ini yaitu istilah biasa untuk reset ke pengaturan pabrik). Ya, itu berarti semua data kau di iPhone akan terhapus sehingga mungkin lebih baik untuk menciptakan backup iPhone sebelum mereset ke awal.

    Kamu mungkin ragu dengan apa yang saya katakan, dan mengatakan

    "Saya yakin orang-orang di Apple Store tahu bagaimana cara memperbaikinya tanpa menghapus semua data saya".

    Masalahnya adalah, setiap kali duduk kasus apa pun yang kau bawa kepada mereka, kalau mereka melihatnya sebagai iPhone yang rusak, mereka akan selalu mereset perangkat ke pengaturan pabrik sebelum melanjutkan ke perbaikan hardware. Juga menyebalkan lantaran mereka akan membebankan biaya perbaikan mahal untuk hanya melaksanakan sesuatu yang sanggup kau lakukan sendiri di rumah.

    Jadi, kau sebaiknya menghemat waktu dan uang kau yang berharga dengan melakukannya sendiri. Ini sangat sederhana.

    Langkah 1: Silakan dan colokkan iPhone kau ke komputer kau dan buka iTunes. (Tidak duduk kasus apakah iPhone kau hidup atau mati)

    Langkah 2: Tekan dan tahan tombol Power dan tombol Home kau bersama selama 8 detik.

    Langkah 3: Setelah 8 detik, lepaskan tombol Power tetapi terus menahan tombol Home hingga kau melihat bahwa iTunes menyampaikan "iTunes telah mendeteksi iPhone dalam mode pemulihan".

    Langkah 4: Sekarang lepaskan tombol Home. Layar iPhone kau harus sepenuhnya hitam, yang berarti kau telah berhasil memasuki DFU Mode. (Jika tidak, coba lagi dari awal)

    Langkah 5: Dari sini, kau sanggup restore iPhone memakai iTunes.



2. Kabel Lightning Kamu Rusak

Ayo ambil kabel charging kamu.

Sudah? Baiklah kini perhatikan kedua sisi ujung kabel yang kau gunakan untuk mencolokkan ke iPhone untuk charge.

Apakah kau melihat ada gejala aus? Jika ya, maka sudah saatnya bagi kau untuk beli kabel Lightning baru.

Tunggu sebentar, Bagaimana saya sanggup tahu kalau kabel Lightning saya penyebab iPhone saya tidak mau di charge?

Kalau kau menemukan tidak ada keausan yang terlihat pada kabel Lightning kau maka ada alasan lain dibalik iPhone tidak mau nge-charge.

Berikut yaitu dua cara yang sanggup kau coba untuk menyidik ini untuk benar-benar memastikan:

1. Cobalah charging iPhone kau dengan mencolokkannya ke komputer kau alih-alih memakai Adaptor dinding

Kalau kau sudah mencoba charging memakai komputer kamu, maka kini coba colokan ke adaptor dinding. Kalau itu berfungsi di satu daerah tetapi tidak di daerah lain maka kabel kau bukanlah masalahnya.

2. Coba charging iPhone kau memakai kabel temanmu

Ini yaitu cara terbaik untuk mengetahui apakah kabel memilikikamu rusak. Kalau iPhone kau berhasil mengisi daya dengan kabel temanmu maka itu beliau alasannya.

Sekarang kau tahu bahwa itu lantaran kabel rusak yang menciptakan iPhonemu tidak nge-charge.

3. Charging Port iPhone Kotor/Tersumbat

80% orang mempunyai kebiasaan menyimpan iPhone mereka di saku celana atau baju... Saya tidak tahu kalau kebiasaan kamu, tapi saya sendiri rutin membersihkan sampah dari saku celana jeans saya... dari mana asalnya? Kalau bukan dari saku, dari mana lagi sampah ini (debu, puing-puing, rambut, dll) sanggup masuk ke charging port iPhone saya.

Silakan ambil senter dan lihat charging port kau di pecahan bawah iPhone kamu.

Sekarang kalau kau melihat puing-puing atau sampah di sana, maka itu mungkin yang mencegah kabel Lightning kau menciptakan koneksi yang solid dengan iPhone kamu.

Dan supaya kau tahu, di charging port kau ada sekitar 9 konektor di sana, dan jikalau sewaktu-waktu salah satu dari ini tersumbat oleh sampah atau puing-puing yang menumpuk di dalamnya sanggup mencegah iPhone kau tidak mau nge-charge sama sekali.

Itulah sebabnya kau perlu membersihkan charging port dengan menyikatnya dengan lembut memakai sikat lembut yang menghantarkan listrik.

Kamu Punya Kuas? Baiklah mari kita selesaikan ini.

Langkah 1: Ambil sikat lembut kau dan kemudian sikat perlahan port charging iPhonemu. Gunakan waktumu. Tetaplah menyikat dengan lembut sambil memakai senter semoga kau untuk melihat apakah ada sampah yang tertinggal di dalam charging port kamu.

Setelah selesai, coba charge iPhone kau lagi.

Jika belum bisa, maka ada satu hal terakhir yang belum kau periksa sebelum melanjutkan.

Apakah beberapa hari terakhir ini iPhone terkena air atau cairan?

Ya? Maka ada kemungkinan yang cukup tinggi itu sanggup berupa kerusakan akhir terkena cairan (yang sanggup menjadi alasan mengapa iPhone kau tidak mau di-charge).

Pada dasarnya yang terjadi adalah, ingat 9 konektor yang saya katakan sebelumnya perihal di mana kau sanggup menemukan di dalam charging port?

Jika ada cairan menyentuh koneksi ini, kau intinya hanya sedang menunggu koneksi cepat terputus.

Jadi, bahkan kalau kau mencoba mengeringkan port charging dan mencoba menyikatnya hingga bersih, kau tidak sanggup melaksanakan apa-apa jikalau koneksi ini rusak.

Makara apa yang sanggup kau lakukan?

Lompat ke Nomor 5 (di bawah) dan saya akan memberi tahu kau apa yang perlu kau lakukan.

4. Kamu Memakai Charger Non-Original Apple

Banyak orang yang lebih menentukan membeli charger non-original Apple (alias charger KW) lantaran harganya beberapa kali lebih murah dari charger original Apple. Namun! Saya sangat tidak merekomendasikan hal ini! Jangan membeli atau memakai carger non-original yang murah.

Nah, kalau kau memakai carger non-original dan iPhonemu tidak mau nge-charge, saya tidak akan banyak basa bau lagi lantaran itu sudah jelas, penyebabnya berasal dari charger KW kamu.

Mungkin, beberapa dari kalian ada yang pernah melihat pesan "This accessory may not be supported," atau "Aksesori ini tidak didukung." Mungkin ada beberapa alasan untuk ini dan saya akan menjelaskannya dalam artikel lain. Saya hanya akan menyampaikan satu hal — dimulai pada iOS 7, Apple telah mengajarkan perangkat untuk mengenali keaslian kabel charging. Sebuah chip khusus dipasang di kabel Lightning, yang memungkinkan iPhone mengenali kabel original. Makara cobalah gunakan charger original untuk charging iPhone kamu.

5. Komponen Internal iPhone Ada yang Rusak

Jika kau telah mencoba semua hal di atas dan iPhone kau masih tidak sanggup di charge, sanggup jadi ada kerusakan pada komponen internal. Mungkin IC Power/Charge Controller nya. Kamu akan mengetahui pastinya sesudah diperiksa oleh ahlinya, maka kau benar-benar harus mengunjungi Apple Store atau Apple Authorized Service Provider untuk memperbaiki iPhone kamu.

Bagikan panduan ini kepada siapa saja yang mengalami hari jelek dengan iPhone mereka yang tidak mau nge-charge.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten