Cara Gampang Kirim File Apapun Ke Sesama Iphone Lewat Airdrop

AirDrop pertama kali di perkenalkan oleh Apple di iOS 7. Dengan fitur ini, pengguna iPhone sanggup menyebarkan file menyerupai foto, lagu, video, dokumen, dan banyak lagi secara wireless dengan sesama pengguna Apple Device lain menyerupai iPad, iPod Touch, bahkan sampai Mac, yang ada di dekatnya.

Persyaratan AirDrop

  • IPhone 5 atau yang lebih baru, iPod touch generasi ke-5 atau yang lebih baru, iPad mini, atau iPad generasi ke-4 atau yang lebih baru
  • iOS 7 atau lebih tinggi
  • Mac dari tahun 2012 atau lebih baru
  • Mac menjalankan OS X Yosemite (10.10) atau lebih tinggi
  • Pengguna iOS atau Mac lain dengan perangkat yang kompatibel dengan AirDrop
  • Bluetooth dan Wi-FI dihidupkan
  • Orang yang ingin kau ajak berkirim konten harus sudah mengatur AirDrop dan berada di sekitar kau (AirDrop tidak berfungsi melalui internet)

Cara Mengaktifkan AirDrop di iPhone Kamu

Untuk memakai AirDrop, kau harus memastikan pengaturan sudah diatur dengan benar, yang sanggup kau lakukan di aplikasi Settings.

  1. Buka aplikasi Setting
  2. Ketuk General
  3. Ketuk AirDrop

Kamu juga sanggup mengaktifkan dan tetapkan pilihan AirDrop di Control Center. Berikut caranya:

  1. Di iPhone X atau model lebih baru, swipe ke bawah dari sudut kanan atas layar untuk membuka Control Center. Di iPhone 8 atau model lebih lama, swipe ke atas dari bab bawah layar.
  2. Ketuk tombol AirDrop.
  3. Setelah kau mengaktifkan AirDrop di iPhone kamu, kau sanggup pilih siapa saja yang sanggup melihat perangkat kau dan mengirimi kau konten lewat AirDrop. Pilih salah satu pilihan berikut:
    • Receive Off: Menonaktifkan ponsel kau dari mendapatkan seruan AirDrop, sehingga perangkat di sekitar tidak akan melihat ponsel kau ketika mereka mencoba untuk berkirim file. Namun, kau tetap sanggup mengirim file ke orang lain.
    • Contacts Only: Memungkinkan kau memakai AirDrop hanya dengan orang-orang yang ada di kontak kamu. Ini memberi kau privasi tertinggi tetapi juga membatasi jumlah orang yang sanggup menyebarkan file dengan kamu.
    • Everyone: Memungkinkan semua orang di sekitar kau mencoba menyebarkan file dengan kau melalui AirDrop.

Cara Kirim Kontent Lewat AirDrop

Dengan AirDrop diaktifkan, kau sanggup menggunakannya untuk menyebarkan konten dari aplikasi apa pun yang mendukungnya termasuk Photos, Notes, Safari, Contacts, Music, Maps, dan lainnya. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi yang mempunyai konten yang ingin kau bagikan.
    • Misalnya, buka aplikasi Photos built-in untuk menyebarkan foto atau video yang kau simpan ke ponsel kamu.
  2. Pilih file yang ingin kau kirim lewat AirDrop.
    • Jika aplikasi mendukungnya, AirDrop memungkinkan kau mengirim banyak file sekaligus. Di aplikasi Photos, misalnya, pilih beberapa gambar atau video.
  3. Ketuk tombol Share (ikon persegi panjang dengan panah yang keluar darinya).

  4. Ketuk pengguna Airdrop yang ingin kau kirimi konten.

Setelah kau mengirim konten lewat AirDrop, tidak ada lagi yang harus kau lakukan selain menunggu pengguna lain untuk mendapatkan transfer. Sementara itu, selama transfer berlangsung kau akan melihat pesan "Waiting...", dan kemudian "Sending", diikuti oleh "Sent" sesudah seseorang yang kau ajak menyebarkan mendapatkan file kamu.

Jika seseorang yang kau ajak menyebarkan menolak seruan AirDrop kamu, kau akan melihat pesan "Declined" berwarna merah.

Cara Menerima atau Menolak Transfer AirDrop

browser Safari, dll.

Jika kau mengetuk Decline, transfer dibatalkan dan pengguna lain akan diberi tahu bahwa kau menolak seruan tersebut.

Catatan: Jika kau menyebarkan file dengan perangkat yang masuk dengan Apple ID yang sama dengan yang kau gunakan untuk masuk, kau tidak akan mendapatkan pesan peringatan berisi konten dan pilihan Accept atau Decline. Karena kedua perangkat diasumsikan milik kau sendiri, transfer diterima secara otomatis.

Penyelesaian Masalah AirDrop

Jika AirDrop tidak berfungsi, ada kemungkinan besar kau tidak mengaktifkannya dari pengaturan (lihat item No. 1 di atas), atau yang kau miliki tetapi kau hanya mengatur menyebarkan ke kontak, dan seseorang yang mencoba mengirimkan sesuatu kepada kau tidak ada dalam buku kontak kamu.

Namun, kalau kau sudah mengusut pengaturan tersebut, dan begitu juga dengan pengguna lain, tetapi AirDrop masih tidak berfungsi, ada beberapa kiat pemecahan duduk masalah yang sanggup kau coba.

  • Aktifkan Wi-Fi dan Bluetooth: AirDrop mengharuskan kau dan orang lain yang ingin kau ajak menyebarkan konten mengaktifkan Wifi dan Bluetooth.
  • Nonaktifkan Personal Hotspot Kamu: Jika kau memakai Personal Hotspot dikala mencoba juga memakai AirDrop, nonaktifkan. AirDrop tidak sanggup dipakai secara bersamaan dengan hotspot.
  • Merapatlah: Pastikan orang yang kau kirimkan konten lewat AirDrop berada di sekitar serta dalam jangkauan Bluetooth dan Wi-Fi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten