Apa Itu Icloud? Bagaimana Aku Menggunakannya?

Apple, inc.

Cloud. kita sering mendengarnya belakangan ini. Tapi apa gotong royong cloud itu dan bagaimana hubungannya dengan iCloud? Pada tingkat paling dasar, cloud yakni Internet, atau lebih tepatnya, bab dari Internet. Metafora yang mendasari yakni bahwa Internet yakni langit dan sebagaimana langit  terdiri dari semua awan (cloud) yang berbeda ini, yang masing-masingnya sanggup menunjukkan layanan yang berbeda. Gmail Cloud, misalnya, mengirimkan email kepada kita. Dropbox cloud menyimpan file kita. Makara di mana iCloud jatuh ke dalam ini?

iCloud yakni nama umum untuk semua layanan Internet yang diberikan Apple kepada kita, baik itu di Mac, iPhone, atau PC yang menjalankan Windows. (Ada client iCloud untuk PC berbasis Windows.)

Layanan yang disediakan di iCloud termasuk iCloud Drive, yang ibarat dengan Dropbox dan Google Drive, iCloud Photo Library, yang merupakan cabang dari Photo Stream, iTunes Match, dan bahkan Apple Music. iCloud juga memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan data ibarat foto, video, dokumen, musik, aplikasi, dan lainnya, serta akan secara otomatis memperbaruinya pada seluruh perangkat kamu.

Makara apa itu iCloud? Ini yakni nama layanan cloud-based atau internet-based Apple, yang ada banyak kegunaanya.

Apa Saja yang Bisa Kamu Dapatkan Dari iCloud?

iCloud Backup dan Restore. Mari mulai dari fungsi layanan iCloud yang paling fundamental yang niscaya akan didapatkan oleh semua pengguna. Apple menyediakan 5 GB penyimpanan iCloud gratis untuk setiap akun Apple ID, yang merupakan akun yang kau gunakan untuk masuk ke App Store dan membeli aplikasi. Penyimpanan ini sanggup dipakai untuk aneka macam tujuan termasuk menyimpan foto, tetapi penggunaan terbaiknya yakni untuk backup iPad kamu.

Secara default, setiap kali kau mencolokkan iPad kau ke stopkontak dinding atau komputer untuk mengisi daya, iPad akan berusaha untuk kembali ke iCloud. Kamu juga sanggup secara manual memulai backup dengan membuka aplikasi Settings dan menavigasi ke iCloud > Backup > Backup Now. Kamu sanggup restore data dari backup dengan mengikuti mekanisme untuk mengatur ulang iPad kau ke pengaturan pabrik dan lalu menentukan merestorenya dari backup selama proses pengaturan iPad.

Kalau kau meng-upgrade ke iPad baru, kau juga sanggup menentukan untuk restore dari backup, yang menciptakan proses upgrade menjadi lebih gampang dan berjalan mulus.

Find My Devices. Fitur penting lainnya dari iCloud yakni layanan Find My iPhone/iPad/ MacBook. Kamu tidak hanya sanggup memakai fitur ini untuk melacak keberadaan iPad atau iPhone kamu, kau sanggup menggunakannya untuk mengunci iPad jikalau hilang atau bahkan meresetnya dari jarak jauh ke default pabrik, yang tentunya akan menghapus semua data di iPad. Selain itu, fitur ini juga sanggup mengaktifkan dan mengatur passcode lock pada iPad kau dari jarak jauh.

iCloud Drive. Solusi penyimpanan cloud Apple emang tidak semulus Dropbox, tetapi integrasinya dengan iPad, iPhone, dan Mac gak perlu diragukan lagi. Kamu juga sanggup mengakses iCloud Drive dari Windows, sehingga kau tidak terkunci dalam ekosistem Apple. Jadi, apa itu iCloud Drive? Ini merupakan layanan yang memungkinkan aplikasi untuk menyimpan dokumen di Internet, yang memungkinkan kau mengakses file-file tersebut dari aneka macam perangkat. Dengan cara ini, kau sanggup menciptakan spreadsheet dari aplikasi Numbers pada iPad kamu, mengaksesnya dari iPhone kamu, atau melaksanakan pengeditan di Mac kau dan bahkan memakai PC berbasis Windows kau untuk mengubahnya dengan masuk ke iCloud.com.

Layanan iCloud Photo Library, Shared Photo Albums, dan My Photo Stream. My Photo Stream merupakan layanan yang mengunggah setiap gambar yang diambil ke cloud dan mengunduhnya ke setiap perangkat lain yang terdaftar untuk My Photo Stream. Dengan kata lain, setiap gambar yang ada di aplikasi Photos iPad kamu, akan otomatis disimpan ke My Photo Stream. Sayangnya, foto di My Photo Stream akan menghilang sesudah beberapa saat, dan mempunyai batas maksimum 1000 foto.

iCloud Photo Library yakni versi gres dari Photo Stream. Perbedaan sebenenya sih cuman foto yang di upload ke iCloud akan disimpan secara permanen, dan meniadakan jumlah maksimum foto. Dan yang perlu kau ingat, iCloud Photo Library bukan bab dari iCloud Drive.

Integrasi Contacts, Calendars, Reminders, dan Notes. Banyak aplikasi bawan iPad yang sanggup memanfaatkan iCloud untuk melaksanakan sinkronisasi antar perangkat. Jadi, kalau kau ingin mengakses catatan dari iPad dan iPhone hanya dengan menulis Notes dan menyimpannya pada pengaturan iCloud. Begitu juga dengan fitur Reminders dan Calendars, kau sanggup menulisnya di salah satu perangkat dan mengaksesnya dari perangkat lain selama kau memakai akun iCloud yang sama.

Layanan iTunes Match dan Apple Music. Apple Music merupakan layanan berbasis all-you-can-listen dengan biaya langganan USD 9,99 setiap bulan. Layanan ini yakni cara terbaik untuk menikmati musik dengan in-app purchase. Lagu atau pun album yang terdapat di dalam aplikasi Apple Music sanggup diunduh. Hal ini memungkinkan kau untuk sanggup mendengarkan musik secara offline.

iTunes Match merupakan layanan yang memungkinkan kau untuk melaksanakan streaming dari pustaka musik berbasis cloud dengan biaya langganan USD 24,99 per tahun. Lalu, Apa bedanya dengan layanan Apple Music? Pertama, kau harus mempunyai lagu kalau inggin memakai iTunes Match. Namun, iTunes Match support dengan lagu apa pun, bahkan lagu yang tidak tersedia di layanan streaming Apple Music.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten