Semua Yang Perlu Kau Ketahui Wacana Itunes Match

iTunes Match ialah penggalan dari rangkaian layanan web-based Apple iCloud yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah seluruh koleksi musik ke iCloud Music Library dan kemudian membaginya dengan perangkat lain memakai Apple ID yang sama dan yang sanggup mengakses akun iCloud penggunanya. Ini mempermudah mengakses semua musik pada perangkat yang kompatibel. Sayangnya, iTunes Match tidak begitu banyak mendapat perhatian sebab kalah bersaing dengan Apple Music. Meskipun kedua layanan itu terkait, tapi kedunya melaksanakan beberapa hal secara berbeda. Inilah semua yang perlu kau tahu dari iTunes Match.

Untuk berlangganan iTunes Match kau harus membayar Rp 199,000 per tahun. Setelah berlangganan, layanan secara otomatis diperbarui setiap tahun kecuali kau membatalkannya.

Menambahkan Musik ke iTunes Match

Ada tiga cara untuk menambahkan musik ke iTunes Match. Pertama, musik yang kau beli dari iTunes Store secara otomatis menjadi penggalan dari iCloud Music Library; jadi, kau tidak perlu lagi melaksanakan apapun untuk lagu-lagu ini.

Kedua, iTunes Match memindai perpustakaan iTunes kau untuk menciptakan katalog semua lagu di dalamnya. Software Apple kemudian menambahkan musik yang kau miliki di hard drive kamu yang juga tersedia di iTunes ke akun kamu. Tidak problem dari mana musik itu berasal — kalau kau membelinya dari Amazon, ripping dari CD, atau mendapatkannya dari sumber lain. Selama berada di perpustakaan kau dan tersedia di iTunes Store, itu akan ditambahkan ke iCloud Music Library kamu. Ini sangat membantu sebab kau tidak perlu mengunggah ribuan lagu, yang sanggup memakan waktu usang dan memakai banyak kuota internet.

Terakhir, kalau ada musik di perpustakaan iTunes kau yang tidak tersedia di iTunes Store, musik itu akan diunggah dari komputer kau ke iCloud Music Library kamu juga. Ini hanya berlaku untuk file AAC dan MP3 saja.

Kamu sanggup menambahkan sampai 100,000 lagu ke iCloud Music Library kau melalui iTunes Match.

Hanya iTunes (di macOS dan Windows) dan aplikasi Music iOS yang kompatibel dengan iTunes Match. Tidak ada aktivitas pengelola musik lainnya yang memungkinkan kau menambahkan musik ke iCloud atau mengunduhnya ke perangkat kamu.

Format file musik yang dipakai di iTunes Match

iTunes Match mendukung semua format file yang dilakukan iTunes: AAC, MP3, WAV, AIFF, dan Apple Lossless. Lagu-lagu yang di-matched dari iTunes Store belum tentu dalam format tersebut. Seperti yang sudah disebutkan, lagu yang kau miliki tetapi tidak tersedia di iTunes Store hanya akan diunggah kalau mereka ialah format AAC atau MP3.

Musik yang kau beli melalui iTunes Store atau yang di-matched oleh iTunes Store secara otomatis ditingkatkan ke file AAC 256 Kbps yang bebas DRM. Lagu yang dikodekan memakai AIFF, Apple Lossless, atau WAV dikonversi ke file AAC 256 Kbps dan kemudian diunggah ke iCloud Music Library kamu.

File musik dan cadangan berkualitas tinggi

Ketika iTunes Match menciptakan versi AAC 256 Kbps dari sebuah lagu, itu hanya mengunggah versi itu ke iCloud Music Library kamu. Itu tidak menghapus lagu asli, jadi lagu-lagu itu tetap dalam format aslinya di hard drive kamu. Jika kau mengunduh salah satu lagu ini dari iTunes Match ke perangkat lain, itu akan menjadi versi AAC 256 Kbps.

Kamu harus selalu mencadangkan file musik orisinil kamu, meskipun iTunes Match menyimpan salinan musik kau di iCloud. Ini sangat penting untuk file musik berkualitas tinggi yang kau miliki, sebab kalau kau menghapus versi lagu yang berkualitas lebih tinggi dari komputer, kau hanya akan mempunyai versi 256 Kbps dari iTunes Match.

Apakah kau perlu iTunes Match dan Apple Music?

Apple Support menyatakan bahwa:

If you have an Apple Music membership, you get all of the benefits of iTunes Match, plus access to the entire Apple Music catalog. You can also get a Family Membership to share the catalog with your family members.


Ketika kau berlangganan Apple Music, semua musik kau akan ditambahkan ke iCloud Music library kau dan itu akan tersedia di semua perangkat kau yang masuk ke Apple ID yang sama, sama ibarat dengan iTunes Match.

Streaming musik dari iTunes Match

Di komputer, kau sanggup melaksanakan streaming atau mengunduh lagu dari iCloud Music Library kamu. Cukup klik tombol iCloud di sebelah lagu yang kau inginkan untuk mengunduh lagu itu ke komputer kamu. Jika mengklik ganda pada lagu kau hanya akan memainkan lagu, bukan mengunduhnya.

Pada perangkat iOS, memainkan lagu akan membuatnya sanggup diputar dan diunduh, sementara di Apple TV, kau hanya sanggup streaming musik — tidak ada cara untuk mengunduh lagu ke perangkat Apple TV.

Playlist atau Voice memos

iTunes Match mendukung playlist alias daftar putar, tetapi bukan voice memos (memo suara). Semua playlist sanggup disinkronkan ke beberapa perangkat melalui iTunes Match, kecuali yang termasuk file yang tidak didukung, ibarat voice memos, video, atau PDF.

Memperbarui perpustakaan iTunes Match kamu

Selama iTunes Match dihidupkan, secara otomatis akan mencoba untuk menambahkan lagu gres kau ke iCloud Music Library — jadi kau tidak perlu melaksanakan apa pun. Namun, kau sanggup memaksa pembaruan ke iTunes Match, klik pada File -> Library -> Update iCloud Music Library.

Limit atau Batasan untuk iTunes Match dan DRM

Ada beberapa batasan untuk memakai iTunes Match. Kamu sanggup menambahkan sampai 100,000 lagu ke iCloud Music library kau melalui iTunes Match. Kamu tidak sanggup mengunggah lagu melebihi dari 200MB, atau lebih dari 2 jam, ke iCloud Music library kamu. Lagu-lagu dengan DRM (digital rights management) yang diaktifkan hanya akan diunggah kalau komputer kau sudah di-authorized untuk memutarnya.

Secara teknisnya, Apple mungkin mengetahui beberapa musik di perpustakaan iTunes kau bajakan, tetapi Apple telah menyampaikan secara tegas bahwa mereka tidak akan membagikan informasi apapun wacana pustaka pengguna dengan pihak ketiga, ibarat perusahaan rekaman atau RIAA yang mungkin cenderung untuk mengejar para pembajak. Pembatasan DRM yang disebutkan di atas juga dirancang untuk mengurangi pembajakan.

Ada batas maksimal total 10 perangkat yang sanggup menyebarkan musik di akun iTunes Match.

Membatalkan langganan iTunes Match

Jika kau sudah mendaftar untuk iTunes Match tetapi ingin membatalkan langganan kamu, sehabis kau membatalkan langganan iTunes Match, semua musik di iCloud Music library kau — entah itu pembelian iTunes Store, music matching, atau yang diunggah dari komputer kau — akan disimpan. Namun, kau tidak sanggup menambahkan musik baru, atau mengunduh atau streaming lagu, tanpa berlangganan lagi.

Ikon iCloud Music

Setelah Anda mendaftar dan mengaktifkan iTunes Match, kau sanggup melihat kolom di iTunes yang menampilkan status lagu iTunes Match (ikon ini muncul secara default di aplikasi Music). Untuk mengaktifkannya, pilih Musik dari sajian drop-down di kiri atas, kemudian Lagu di bilah sisi iTunes. Klik kanan pada baris atas dan cari opsi untuk iCloud Download.

Ketika itu selesai, ikon muncul di samping setiap lagu di perpustakaan kamu:

  • Awan dengan panah ke bawah berarti lagu ini ada di iCloud Music Library kamu tetapi tidak ada di perangkat ini. Klik ikon untuk mengunduhnya.
  • Awan dengan garis putus-putus menunjukkan lagu yang belum diunggah atau sedang menunggu untuk diunggah.
  • Awan dengan X di dalamnya berarti lagu telah dihapus dari iCloud Music Library kamu baik itu via komputer atau perangkat iOS yang mempunyai jalan masuk ke sana.
  • Awan dengan garis melaluinya menandakan lagu yang tidak memenuhi syarat untuk iTunes Match sebab sejumlah alasan, ibarat yang dibahas sebelumnya.
  • Awan dengan tanda seru didalmnya menunjukkan itu tidak ditambahkan ke iCloud Music Library kau sebab ada kesalahan. Perbarui perpustakaan kau untuk mencoba menambahkannya lagi.


Apakah artikel ini telah menjawab semua pertanyaan kau wacana iTunes Match? Jangan ragu untuk memberi tahu kami di kolom komentar di bawah, ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten