Memahami Penyimpanan Smartphone

Saat menentukan ponsel baru, jumlah ruang penyimpanan internal sering kali merupakan salah satu dari beberapa faktor utama yang memengaruhi keputusan untuk membeli satu ponsel di atas yang lain. Tetapi tepatnya berapa banyak yang dijanjikan 16, 32 atau 64GB gotong royong tersedia untuk dipakai sangat bervariasi antar perangkat.

Ada banyak diskusi panas seputar versi 16GB dari Galaxy S4 ketika ditemukan bahwa sebanyak 8GB dari angka itu sudah dipakai oleh OS dan aplikasi pra-instal lainnya (kadang-kadang disebut Bloatware.) Kaprikornus seharusnya ponsel tersebut dijual sebagai perangkat 8GB, bukan? Atau apakah adil bagi produsen untuk menganggap bahwa pengguna percaya bahwa 16GB berarti jumlah sebelum perangkat lunak sistem diinstal?

Memori Internal Versus External

Ketika mempertimbangkan spesifikasi memori ponsel apa pun, penting untuk memahami perbedaan antara memori internal dan eksternal (atau sanggup diperluas). Memori internal yaitu ruang penyimpanan yang dipasang oleh produsen, biasanya 16, 32 atau 64GB, di mana sistem operasi, aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya, dan perangkat lunak sistem lainnya diinstal.

Jumlah total penyimpanan internal tidak sanggup ditingkatkan atau diturunkan oleh pengguna, jadi jikalau ponsel kau hanya mempunyai penyimpanan internal 16GB dan tidak ada slot ekspansi, inilah semua ruang penyimpanan yang akan kau dapatkan. Dan ingat, beberapa ini sudah akan dipakai oleh perangkat lunak sistem.

Eksternal, atau sanggup diperluas, memori mengacu pada kartu MicroSD yang sanggup dilepas atau serupa. Banyak perangkat yang menampilkan slot kartu MicroSD yang dijual dengan kartu yang sudah dimasukkan. Tetapi tidak semua ponsel akan mempunyai ruang penyimpanan ekstra ini , dan tidak semua ponsel bahkan mempunyai akomodasi untuk menambahkan memori eksternal. IPhone, misalnya, tidak pernah memberi pengguna kemampuan untuk menambahkan lebih banyak ruang penyimpanan dengan memakai kartu SD.

Cloud Storage

Untuk mengatasi duduk kasus ruang penyimpanan internal yang berkurang, beberapa smartphone kelas atas dijual dengan akun penyimpanan cloud gratis. Ini bisa 10, 20, atau bahkan 50 GB. Meskipun Cloud storage merupakan suplemen yang bagus, tapi kau harus ingat bahwa tidak semua data dan file sanggup disimpan ke penyimpanan cloud (aplikasi misalnya). Kamu juga tidak akan sanggup mengakses file yang tersimpan di cloud jikalau kalian tidak mempunyai koneksi Wi-Fi atau data seluler.

Cek Sebelum Kamu Membeli

Jika kau membeli ponsel gres secara online, biasanya lebih sulit untuk menyidik berapa banyak penyimpanan internal yang gotong royong tersedia untuk digunakan, daripada ketika membeli dari toko. Toko ponsel khusus harus mempunyai handset sampel yang tersedia, dan perlu beberapa detik untuk masuk ke sajian pengaturan dan melihat bab Storage.

Jika kau membeli secara online, dan tidak sanggup melihat detail penyimpanan yang sanggup dipakai dalam spesifikasi, jangan takut untuk menghubungi penjual dan tanyakan. Penjual yang mempunyai reputasi tidak akan mempunyai duduk kasus untuk memberitahukan detail ini kepada kamu.

Menghapus Penyimpanan Internal

Ada beberapa cara untuk menciptakan extra space di penyimpanan internal kamu, tergantung pada ponsel yang kau miliki.

  • Nonaktifkan Bloatware. Tidak semua smartphone akan membiarkan kau melaksanakan ini, tetapi jikalau kau mempunyai ponsel Android yang menjalankan versi 4.2 atau lebih baru, prosesnya cukup mudah. Meskipun menonaktifkan aplikasi pra-instal 100MB tidak akan mengosongkan jumlah memori yang sesuai, tapi itu akan menciptakan beberapa ruang ekstra.
  • Cadangkan dan Hapus Foto Kamu. Ini yaitu praktik yang baik untuk masuk ke bahkan jikalau ruang penyimpanan di ponsel kau tidak menjadi masalah. Gunakan perangkat lunak sinkronisasi yang relevan dengan ponsel kau untuk mem-backup foto kau ke komputer kau secara teratur. Kamu kemudian sanggup memindahkan foto-foto itu ke kartu SD atau menghapusnya dari telepon kau (atau setidaknya beberapa dari mereka) untuk mengosongkan sebagian ruang.
  • Gunakan Aplikasi Cleaner. Aplikasi menyerupai Cleanmaster yaitu cara gampang untuk menghapus file yang tidak diharapkan atau tidak diinginkan dari ponsel kamu, seringkali dengan satu sentuhan tombol. Sekali lagi, ukuran ini tidak akan membebaskan ruang dalam jumlah besar, tetapi bisa menciptakan beberapa perbedaan.
  • Hapus Beberapa Aplikasi. Periksa daftar aplikasi kau dan hapus yang tidak lagi kau gunakan. Ini gampang dilakukan melalui sajian pengaturan semua jenis smartphone, atau dengan memakai aplikasi menyerupai Cleanmaster.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten