Apa Itu Command Prompt Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Command Prompt yakni sebuah aplikasi penerjemah command line (baris perintah) yang tersedia di sebagian besar sistem operasi Windows. Command Prompt digunakan untuk menjalankan perintah yang dimasukkan. Sebagian besar perintah tersebut mengotomatiskan kiprah melalui skrip dan file batch, menjalankan fungsi administratif tingkat lanjut, dan memecahkan duduk perkara atau menuntaskan beberapa jenis duduk perkara Windows.

Command Prompt secara resmi disebut Windows Command Processor, tetapi kadang kala juga disebut sebagai command shell atau cmd prompt atau bahkan dengan nama file, cmd.exe.

Command Prompt kadang kala salah disebut sebagai "DOS prompt" atau sebagai MS-DOS itu sendiri. Command Prompt yakni jadwal Windows yang mengemulasi banyak kemampuan command line yang tersedia di MS-DOS, tetapi itu bukan MS-DOS.

Cara Akses Command Prompt

Kamu bisa membuka Command Prompt melalui shortcut Command Prompt yang terletak dimenu Start atau di layar Aplikasi, tergantung pada versi Windows kamu.

Cara lain untuk mengakses Command Prompt ialah melalui perintah cmd Run atau di lokasi aslinya di C:\Windows\system32\cmd.exe, tetapi memakai shortcut jauh lebih cepat.

Catatan: Banyak perintah hanya sanggup dijalankan bila Command Prompt sedang dijalankan sebagai administrator.

Cara Menggunakan Command Prompt

Untuk memakai Command Prompt, kau harus memasukkan perintah yang valid ke Command Prompt bersama dengan parameter opsional. Command Prompt kemudian akan menjalankan perintah menyerupai yang dimasukkan dan melaksanakan kiprah atau fungsi yang dirancang untuk tampil di Windows.

Ada begitu banyak perintah yang ada di Command Prompt, tetapi ketersediaannya berbeda dari sistem operasi ke sistem operasi. kau sanggup melihat perintah Command Prompt yang kompatibel dengan sistem operasi tertentu di sini:

  • Windows 8 Command
  • Windows 7 Command
  • Windows Vista Command
  • Windows XP Command

Perintah (Command) harus dimasukkan ke Command Prompt dengan tepat. Syntax yang salah atau salah ejaan sanggup menjadikan perintah gagal atau lebih buruk; itu bisa mengeksekusi perintah yang salah atau perintah yang benar dengan cara yang salah.

Ketersediaan Command Prompt

Command Prompt tersedia pada setiap sistem operasi berbasis Windows NT yang meliputi Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, dan Windows 2000, serta Windows Server 2012, 2008, dan 2003.

Windows PowerShell, penerjemah command line lanjutan hanya tersedia dalam versi Windows terbaru, melengkapi kemampuan sanksi perintah yang tersedia di Command Prompt. Windows PowerShell jadinya sanggup menggantikan Command Prompt dalam versi Windows yang akan datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten