Pengertian Sistem Operasi (Os) Dan Contohnya

Sering disingkat sebagai OS, sistem operasi ialah jadwal yang paling kuat, dan biasanya besar, yang mengontrol dan mengelola perangkat keras dan perangkat lunak lainnya di komputer.

Semua komputer dan perangkat menyerupai komputer mempunyai sistem operasi, termasuk laptop, tablet, desktop, smartphone, smartwatch, router... sebutkan saja yang kau ketahui.

Contoh Sistem operasi

Laptop, tablet, dan komputer desktop semuanya menjalankan sistem operasi yang mungkin sering kau dengar. Beberapa pola termasuk versi Microsoft Windows (seperti Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP), macOS Apple (sebelumnya OS X), iOS, Chrome OS, BlackBerry Tablet OS, dan sistem operasi open source Linux.

Smartphone kau menjalankan sistem operasi juga, mungkin iOS Apple atau Android Google. Keduanya merupakan nama merk yang sering kau dengar, tetapi kau mungkin tidak menyadari bahwa mereka merupakan sistem operasi yang dipakai pada perangkat tersebut.

Server, menyerupai yang menjadi host situs web yang kau kunjungi atau melayani video yang kau tonton, biasanya menjalankan sistem operasi khusus, yang dirancang dan dioptimalkan untuk menjalankan perangkat lunak khusus yang diharapkan untuk menciptakan mereka melaksanakan apa yang mereka lakukan. Beberapa pola termasuk Windows Server, Linux, dan FreeBSD.

Perangkat Lunak & Sistem Operasi

Kebanyakan jadwal perangkat lunak dirancang untuk berfungsi hanya pada satu sistem operasi perusahaan, menyerupai hanya untuk Windows (Microsoft) atau hanya untuk macOS (Apple).

Setiap perangkat lunak akan mencantumkan sistem operasi mana yang didukung dan jikalau diharapkan akan menjadi sangat spesifik. Misalnya, jadwal perangkat lunak untuk pembuat video mungkin beliau mencantumkan tunjangan untuk Windows 10, Windows 8, dan Windows 7, tetapi tidak mendukung versi Windows yang lebih usang menyerupai Windows Vista dan XP.

Pengembang perangkat lunak juga sering merilis versi suplemen dari perangkat lunak mereka yang berfungsi dengan sistem operasi lain. Kembali ke pola jadwal pembuat video, perusahaan itu mungkin juga merilis versi lain dari jadwal dengan fitur yang sama persis tetapi hanya berfungsi dengan macOS.

Penting juga untuk mengetahui apakah sistem operasi kau 32-bit atau 64-bit. Ini merupakan pertanyaan yang umumnya ditanyakan ketika mengunduh perangkat lunak.

Jenis perangkat lunak khusus yang disebut mesin virtual benar-benar sanggup menggandakan komputer "nyata" dan menjalankan sistem operasi yang berbeda dari dalamnya. Lihat Apa itu Mesin Virtual? untuk mempelajari lebih lanjut wacana ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten