4 Area Kunci Yang Membedakan Iphone Dan Ponsel Android

Saat kau hendak membeli smartphone untuk pertama kali, kau akan dihadapkan kepada dua pilihan yang membingungkan antara "Android" atau "iPhone". Apa sih perbedaan kedua smartphone ini? Apakah iPhone merupakan ponsel Android? Dalam artikel ini, tim Teknolah akan menjawab semua pertanyaan itu secara rinci. Selamat Menyimak!

Jadi, Apakah iPhone merupakan Ponsel Android?

Jawaban singkatnya ialah tidak, iPhone bukanlah ponsel Android (atau sebaliknya). Meskipun keduanya merupakan smartphone — yaitu ponsel yang sanggup menjalankan aplikasi dan terhubung ke Internet, serta melaksanakan panggilan — keduanya berbeda dan tidak kompatibel satu sama lain.

Android dan iPhone ialah brand terpisah, alat serupa yang melaksanakan hal serupa, tetapi keduanya tidak sama. Misalnya, Honda dan Toyota sama-sama mobil, tetapi mereka bukan kendaraan yang sama. Mac dan PC sama-sama komputer dan sanggup melaksanakan sebagian besar hal yang sama, tetapi keduanya tidak identik.

Hal yang sama berlaku untuk iPhone dan Android. Keduanya ialah smartphone dan umumnya sanggup melaksanakan hal yang sama, tetapi keduanya tidak identik. Ada empat area kunci yang membedakan iPhone dan ponsel Android.

4 Area Kunci yang Membedakan iPhone dan Ponsel Android

1. Sistem Operasi

Salah satu hal terpenting yang membedakan smartphone ini ialah sistem operasi yang dijalankannya. Sistem operasi, atau OS, ialah perangkat lunak dasar yang menciptakan ponsel berfungsi. Windows ialah pola OS yang berjalan di komputer desktop dan laptop.

IPhone menjalankan iOS, yang dibentuk oleh Apple. Ponsel Android menjalankan sistem operasi Android, yang dibentuk oleh Google. Sementara semua OS intinya melaksanakan hal yang sama, iPhone dan OS Android tidak sama dan tidak kompatibel. IOS hanya berjalan di perangkat Apple, sementara Android berjalan di ponsel dan tablet Android yang dibentuk oleh sejumlah perusahaan yang berbeda. Ini berarti kau tidak sanggup menjalankan iOS di perangkat Android dan tidak sanggup menjalankan OS Android di iPhone.

2. Manufacturer

Pembeda utama lainnya antara iPhone dan Android ialah perusahaan yang memproduksi mereka. IPhone hanya dibentuk oleh Apple, sementara Android tidak terikat dengan produsen tunggal. Google menyebarkan OS Android dan melisensinya ke perusahaan yang ingin menjual perangkat Android, ibarat Motorola, HTC, dan Samsung. Google bahkan menciptakan ponsel Android sendiri, yang disebut Google Pixel.

Anggap saja Android ibarat Windows: perangkat lunak dibentuk oleh satu perusahaan, tetapi dijual pada perangkat keras dari banyak perusahaan. IPhone ibarat macOS: itu dibentuk oleh Apple dan hanya berjalan di perangkat Apple.

Manakah dari opsi ini yang kau sukai bergantung pada banyak hal. Banyak orang lebih menentukan iPhone alasannya ialah perangkat keras dan sistem operasi keduanya dibentuk oleh Apple. Ini berarti mereka akan lebih terintegrasi secara akrab dan memperlihatkan pengalaman yang dipoles. Penggemar Android, di sisi lain, lebih menentukan opsi yang tiba dengan sistem operasi yang berjalan pada perangkat keras dari banyak sekali perusahaan.

3. Aplikasi

Baik iOS dan Android keduanya sanggup menjalankan aplikasi, tetapi aplikasi mereka tidak kompatibel satu sama lain. Aplikasi yang sama mungkin tersedia untuk kedua perangkat, tetapi kau perlu versi yang dirancang untuk sistem operasi kau semoga sanggup berfungsi. Jumlah total aplikasi yang tersedia untuk Android lebih tinggi daripada untuk iPhone, tetapi angka bukanlah hal yang paling penting di sini. Menurut beberapa laporan, puluhan ribu aplikasi di toko aplikasi Google (disebut Google Play) ialah malware, melaksanakan sesuatu diluar fungsinya atau kualitasnya rendah.

Penting juga untuk mengetahui bahwa beberapa aplikasi yang berkhasiat dan berkualitas tinggi hanya tersedia untuk iPhone. Secara umum, pemilik iPhone menghabiskan lebih banyak uang untuk aplikasi, dan dilihat sebagai pelanggan yang lebih diinginkan oleh banyak perusahaan. Ketika pengembang harus menentukan antara menginvestasikan upaya untuk menciptakan aplikasi untuk iPhone dan Android, atau hanya iPhone, beberapa menentukan iPhone saja. Memiliki proteksi perangkat keras dari hanya satu produsen menciptakan pengembangan lebih gampang juga.

Dalam beberapa kasus, pengembang merilis versi iPhone dari aplikasi mereka terlebih dahulu dan lalu versi untuk Android akan menyusul, sanggup berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun kemudian. Terkadang mereka sama sekali tidak merilis versi Android, tetapi kini ini sudah kurang umum.

Pelajari lebih lanjut untuk mengetahui perbedaan aplikasi yang tersedia di dua platform termasuk:


4. Keamanan

Karena ponsel semakin menjadi sentra kehidupan kita, keamanan mereka semakin penting. Di bab depan ini, dua platform smartphone sangat berbeda.

Android dirancang semoga lebih sanggup dioperasikan dan tersedia di lebih banyak perangkat. Kelemahan dari ini ialah bahwa keamanannya lebih lemah. Beberapa penelitian menemukan bahwa sebanyak 97% virus dan malware menyerang Android. Jumlah malware yang menyerang iPhone sangat kecil sehingga tidak terukur (3% lainnya menyerang platform selain Android dan iPhone). Kontrol ketat Apple atas platformnya, dan beberapa keputusan cerdas dalam mendesain iOS, mengakibatkan iPhone sebagai mobile platform paling aman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten