Apa Itu Sideload?

Sideload ialah proses yang memungkinkan Anda menginstal aplikasi di perangkat mobile menyerupai ponsel Anda tanpa melalui toko resmi. (Gambar: Teknolah)

Sideload (atau Sideloading) ialah istilah yang merujuk untuk mentransfer file antara dua perangkat lokal tanpa memakai internet. Karena internet tidak terlibat, mentransfer file melalui pemuatan sisi biasanya memerlukan penggunaan Wi-Fi, Bluetooth, atau kartu memori fisik.

Sideload sanggup dipakai untuk menyalin MP3 dari komputer ke perangkat mobile, menginstal aplikasi, atau mentransfer file lain dari satu perangkat lokal ke perangkat lokal lain.

Apa arti Sideload?

Istilah "sideload" yang lebih umum sangat menyerupai dengan istilah "download" dan "upload", dan lebih gampang memahami artinya sideload kalau kau sudah terbiasa dengan istilah tersebut.

Men-download melibatkan pengiriman file dari lokasi yang jauh, menyerupai internet, ke perangkat lokal menyerupai komputer Anda. Meng-upload ialah sebaliknya, alasannya melibatkan pemindahan file dari perangkat lokal, menyerupai komputer Anda, ke lokasi terpencil menyerupai layanan hosting file di internet.

Jika seseorang menyampaikan bahwa mereka telah mendownload lagu ke iPhone mereka dari komputer mereka, artinya pernyataan tersebut akan menjadi jelas. Namun, alasannya lagu-lagu itu ditransfer dari komputer lokal, mungkin melalui kabel lightning, mereka benar-benar disadap ke telepon.

Bagaimana Sih Cara Kerja Sideload?

Karena sideload tidak memanfaatkan internet, Anda harus memakai beberapa metode lain untuk mentransfer file.

Hal ini sanggup dicapai dengan koneksi fisik antara kedua perangkat, menyerupai kabel USB atau lightning, atau melalui metode nirkabel menyerupai Bluetooth atau Wi-Fi. Jika perangkat mobile mempunyai slot kartu memori, sideload juga sanggup melibatkan penyalinan file dari komputer ke SD card dan kemudian memasukkan kartu ke perangkat selular.

Proses dasarnya melibatkan pembentukan koneksi fisik atau nirkabel antara kedua perangkat, dan kemudian mentransfer file. Ini sangat menyerupai dengan menyalin file dari komputer Anda ke hard drive eksternal, dan kalau Anda pernah menyalin lagu dari komputer ke telepon Anda, bergotong-royong Anda sudah terbiasa dengan prosesnya.

Kenapa Anda Perlu Sideload?

Meskipun Anda sanggup mengesampingkan hampir semua jenis file yang sanggup Anda pikirkan, kebanyakan sideload melibatkan pemindahan file media menyerupai MP3 dan video digital dari komputer ke perangkat mobile, atau menginstal aplikasi dari komputer ke telepon.

Manfaat sideload file media besar ialah tidak dikenakan biaya data. Misalnya, kalau Anda ingin mendownload keseluruhan perpustakaan iTunes Anda pribadi dari Apple ke telepon Anda, Anda sanggup menghabiskan data internet ponsel Anda dengan sangat cepat. Jika lagu-lagu tersebut sudah ada di komputer Anda, sideload memungkinkan Anda melewatkan unduhan dan menyimpan cap data Anda.

Ketika hingga pada aplikasi sideload, laba terbesarnya ialah memungkinkan Anda untuk melewati toko aplikasi resmi. Ini mengharuskan Anda untuk jailbreak perangkat Anda kalau Anda mempunyai iPhone, namun pengguna Android hanya perlu mengubah beberapa pengaturan. Hal ini menciptakan aplikasi sideload menjadi lebih mudah, dan yang lebih umum, bagi pengguna Android daripada pengguna iOS.

Siapa yang Perlu Aplikasi Sideload?

Kebanyakan orang tidak perlu khawatir wacana aplikasi sideloading. Satu-satunya alasan bergotong-royong untuk melaksanakan sideload aplikasi ialah dengan melewati toko aplikasi resmi, yang hanya diharapkan kalau Anda ingin memasang aplikasi yang tidak tersedia melalui jalan masuk resmi.

Jika Anda ingin menginstal Android versi modded, menyerupai CyanogenMod, Anda perlu mengesetnya. Anda juga perlu memasang aplikasi kalau Anda benar-benar ingin, atau perlu, menggunakannya, dan tidak tersedia dari toko resmi. Sideload juga berkhasiat kalau Anda ingin memasang aplikasi yang tidak tersedia melalui sumber resmi di lokasi geografis daerah Anda tinggal.

Apakah Sideload Aman?

Sideload file menyerupai MP3 sangat aman, alasannya hanya melibatkan mentransfer file yang Anda miliki dari komputer ke perangkat mobile. Aplikasi sideload, di sisi lain, sanggup berbahaya.

Masalahnya ialah bahwa Anda perlu jailbreak iPhone untuk memungkinkan sideload, dan sideload pada perangkat Android melibatkan perubahan perizinan untuk memungkinkan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak diketahui.

Bagaimanapun, sideload sebuah aplikasi menghadirkan risiko keamanan yang perlu Anda sadari, dan penting untuk memastikan bahwa aplikasi yang ingin Anda install berasal dari sumber yang secara pribadi Anda percaya untuk tidak memberi Anda perangkat lunak jahat atau malware.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten