Apa Itu File Epub? Begini Cara Membukanya

Kamu sering melihat file dengan ekstensi EPUB? Kamu resah itu file apa? Dalam artikel ini, kami akan membahas, apa itu sesungguhnya file dengan ekstensi EPUB. Selamat menyimak!

Jadi, apa itu EPUB?

Sebuah file dengan ekstensi EPUD, abreviasi dari electronic publication, merupakan standar eBook yang terkenal dan tersedia secara gratis, yang mendukung aneka macam hardware eBook reader daripada format file sejenis lainnya.

EPUB 3.1 yakni versi EPUB terbaru dan mendukung interaktivitas, audio, dan video tersemat.

EPUB terkadang penulisannya ibarat ePub.

Cara Membuka File EPUB

File EPUB sanggup dibuka oleh sebagian besar eBook reader, ibarat B & N Nook dan Kobo eReader.

File EPUB harus di-convert sebelum dipakai di Kindle Amazon (lihat Cara Convert File EPUB di bawah).

File EPUB juga sanggup dibuka di komputer dengan sejumlah acara gratisan, ibarat Calibre, Adobe Digital Editions, EPUB File Reader, Stanza Desktop, Okular, Sumatra PDF, dan masih banyak lagi.

Ada banyak aplikasi iPhone dan juga Android yang memungkinkan menampilankan file EPUB. Bahkan ada aplikasi Add-on (EPUBReader) dan aplikasi Chrome Simple EPUB Reader) yang memungkinkan kau membaca file EPUB di browser ibarat dokumen lainnya.

Google Play Books merupakan kawasan lain untuk membuka file EPUB. Caranya dengan mengupload file EPUB ke akun Google kau dan melihatnya melalui klien web mereka.

Karena file EPUB terstruktur ibarat file ZIP, kau sesungguhnya sanggup mengganti nama eBook EPUB, mengganti .epub dengan .zip, dan kemudian buka file tersebut dengan acara kompresi file favorit kamu, ibarat tools gratis 7-Zip.

Di dalamnya kau harus mencari isi eBook EPUB dalam format HTML, serta gambar dan gaya yang dipakai untuk menciptakan file EPUB.

Catatan: Beberapa file EPUB dilindungi DRM, yang berarti hanya sanggup dibuka di perangkat tertentu yang telah diizinkan untuk melihat buku. Jika kau tidak sanggup membuka eBook memakai beberapa acara di atas, kau harus melihat apakah buku itu dilindungi atau tidak sehingga kau sanggup lebih memahami cara membukanya.

Cara Convert File EPUB

Karena kebanyakan komputer tidak benar-benar mempunyai acara "default" untuk membuka file EPUB, kecuali kalau sebelumnya kau sudah pernah meng-install.

Hal pertama yang harus kau lakukan untuk convert file EPUB ke format lain yakni dengan memakai acara Caliber gratis. Alat ini sanggup melaksanakan convert ke dan dari banyak format eBook lainnya, termasuk yang kompatibel dengan Kindle Amazon. Beberapa convert yang didukung meliputi EPUB ke FB2, HTML, LIT, LRF, MOBI, PDF, PDB, RTF, TXT, dan SNB.

Online eBook Converter merupakan cara lain untuk menciptakan file EPUB dari format lain ibarat AZW, TCR, dan lainnya, melalui layanan converter online. Mereka juga mempunyai ePub Converter sehingga kau sanggup convert jenis file lainnya, ibarat PDF, ke format EPUB. Ini merupakan cara super gampang untuk menciptakan eBook dari file dokumen orisinil kamu.

Converter EPUB online lainnya yang akan saya sebutkan yakni Zamzar. Kamu sanggup memakai situs web tersebut untuk convert file EPUB menjadi PDF, TXT, FB2, dan format teks sejenis lainnya.

Meskipun tidak seefektif memakai Caliber atau online converter, kau sanggup mencoba convert file EPUB dengan membukanya di salah satu eBook reader lainnya dari daftar diatas dan menentukan untuk menyimpan atau ekspor file yang terbuka sebagai format file lain.

Informasi Lebih Lanjut Mengenai File EPUB

EPUB yakni penerus dari Open eBook Publication Structure, dan menjadi spesifikasi resmi IDPF di tahun 2007. Anda sanggup membaca lebih lanjut wacana hal ini di halaman EPUB IDPF.

Format file EPUB mendukung file embedding ibarat gambar GIF, PNG, JPG, dan SVG.

Apakah artikel ini membantu kamu? Jangan ragu untuk memberi tahu kami di kolom komentar dibawah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten