Cara Mengaktifkan Invert Color (Alias Dark Mode) Di Iphone Dan Ipad

Siapa pun yang memakai iPhone atau iPad dalam kondisi gelap niscaya akan mengalami beberapa ketegangan mata dari kontras antara layar jelas dan lingkungan gelap. Di iOS 11, Apple telah memperkenalkan sebuah fitur — biasa disebut "dark mode", meski secara teknis tidak benar — yang memungkinkan kau menyesuaikan layar kau untuk dipakai dalam kondisi gelap.

Apakah Dark Mode Sama Seperti Smart Invert?

Dark Mode ialah fitur dari beberapa sistem operasi dan aplikasi yang mengubah warna pada antarmuka pengguna dari kecerahan standar menjadi warna yang lebih gelap lebih sempurna untuk dipakai pada malam hari untuk menghindari ketegangan mata. Hal ini sanggup dilakukan baik oleh pengguna atau secara otomatis menurut ambient light atau time of day.

Secara teknis, tidak ada yang namanya "dark mode" untuk iPhone atau iPad, jadi tidak ada pengaturan dengan nama itu.

Fitur yang kebanyakan orang menyebutnya dengan Dark Mode ini sebetulnya disebut Smart Invert. Yang mempunyai fungsi membalikkan warna yang ditampilkan di layar perangkat (warna jelas menjadi gelap, dll.). Suatu hari nanti mungkin akan ada sebuah Dark Mode yang benar ada di iOS, tapi untuk kini Smart Invert iOS 11 ialah satu-satunya pilihan.

Beberapa pengguna lebih suka memakai dark mode di malam hari supaya tidak menyilaukan mata. Invert Colors juga berfungsi untuk membantu pengguna yang kesulitan melihat warna di layar.

Apakah Dark Mode dan Night Shift Sama??

Tidak. Smart Invert/Dark Mode dan Night Shift keduanya sama-sama sanggup menyesuaikan warna layar iPhone atau iPad kamu, namun caranya tidak sama. Night Shift — fitur yang tersedia di iOS dan Mac — mengubah keseluruhan nuansa warna di layar, mengurangi cahaya biru dan menciptakan nuansa layar lebih kuning.

Hal ini bertujuan supaya mata tidak cepat lelah dan lebih gampang tidur dari penggunaan layar berwarna biru dalam kondisi gelap. Smart Invert, di sisi lain, mengubah sebagian warna yang dipakai oleh antarmuka pengguna, namun tetap mempertahankan nuansa dasar, menyerupai gambar, media, aplikasi dan beberapa lainnya.

Cara Mengaktifkan Invert Color di iPhone dan iPad

Untuk mengaktifkan Invert Color di iPhone atau iPad yang menjalankan iOS 11 atau lebih tinggi, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk General.
  3. Ketuk Accessibility.
  4. Ketuk Display Accommodations.
  5. Ketuk Invert Colors.
  6. Pada layar ini, kau mempunyai dua pilihan: Smart Invert dan Classic Invert. Keduanya sama-sama membalik warna layar. Smart Invert sedikit lebih halus, alasannya tidak membalikkan semua warna. Ini meninggalkan beberapa warna yang dipilih, menyerupai pada gambar, media, dan beberapa aplikasi, dalam warna aslinya. Classic Invert akan membalikkan segalanya.
  7. Geser slider ke on/hijau untuk opsi yang ingin kau gunakan. Kamu hanya sanggup menggunakannya satu per satu. Dengan salah satu slider dihidupkan, warna pada layar kau akan terbalik.


Cara Nonaktifkan Inverted Color pada iPhone dan iPad

Untuk menonaktifkan Inverted Color ke setelan aslinya, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk General.
  3. Ketuk Accessibility.
  4. Ketuk Display Accommodations.
  5. Ketuk Invert Colors.
  6. Gerakkan slider aktif ke bawah/putih.


Cara Cepat Menghidupkan dan Mematikan Dark Mode

Jika kau ingin memakai Dark Mode secara teratur, kau mungkin ingin lebih cepat mengaktifkannya. Untungnya, kau sanggup melakukannya dengan menambahkan "Accessibility Shortcuts" untuk invert color ke Control Center, Begini caranya:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk Control Center.
  3. Ketuk Customize Controls, yang akan membawa kau ke hidangan Customize.
  4. Ketuk tombol Add (+) di sebelah Accessibility Shortcuts di bab More Controls - kemudian tinggalkan layarnya.
  5. Sekarang, kapanpun kau ingin membalikkan warna (invert colors), Gesek ke atas dari bab bawah layar untuk membuka Control Center, tekan ikon Accessibility Shortcut, kau sanggup mengakses hidangan Accessibility Shortcuts, kemudian pilih Smart Invert Colors.


Apakah artikel ini membantu kamu? Beritahu kami di kolom komentar di bawah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten