Apa Itu Firmware?

Eirik Solheim

Firmware ialah software yang diprogram ke dalam memori khusus yang tertanam di hardware. Kamu sanggup menganggap firmware hanya sebagai "software untuk hardware." Namun, firmware bukan istilah yang sanggup diganti untuk menyebutkan software.

Firmware tidak hanya terdapat pada komputer saja, melainkan juga terdapat pada perangkat elektronik menyerupai optical drives, kartu jaringan, router, camera, atau scanner semuanya mempunyai software yang diprogram ke dalam memori khusus yang terdapat dalam hardware itu sendiri.

Dari mana Firmware Update Datang

Produsen CD, DVD, dan BD drive sering merilis firmware update secara rutin semoga hardware mereka kompatibel dengan media baru.

Sebagai contoh, misal kau membeli 20 pak BD kosong dan mencoba untuk burning video ke beberapa dari mereka tetapi itu tidak berhasil. Salah satu hal pertama yang mungkin disarankan oleh produsen drive Blu-ray ialah memperbarui firmware pada drive.

Firmware yang diperbarui mungkin akan menyertakan satu set kode komputer gres untuk drive kamu, menginstruksikannya bagaimana menulis ke merek BD disk yang kau gunakan, dan memecahkan persoalan itu.
Produsen router jaringan sering merilis pembaruan ke firmware pada perangkat mereka untuk meningkatkan kinerja jaringan atau menambahkan fitur tambahan. Hal yang sama berlaku untuk pembuat kamera digital, produsen smartphone, dll. Kamu sanggup mengunjungi situs produsen untuk mengunduh firmware update.

Satu pola sanggup dilihat ketika mengunduh firmware untuk wireless router menyerupai Linksys WRT54G. Cukup kunjungi halaman pertolongan router (di sini untuk router ini) di situs Linksys untuk menemukan pecahan unduhan, yang merupakan kawasan kau mendapatkan firmware.

Cara Daftar Firmware Update

Saya mustahil memperlihatkan balasan menyeluruh perihal cara install firmware di semua perangkat sebab tidak semua perangkat sama. Beberapa firmware update diterapkan secara wireless dan hanya tampak menyerupai update software biasa. Lainnya mungkin melibatkan menyalin firmware ke drive portabel dan kemudian memuatnya ke perangkat secara manual.

Misalnya, kau mungkin sanggup mengupdate firmware pada konsol game hanya dengan mendapatkan undangan untuk memperbarui software. Tidak mungkin perangkat diatur dengan cara di mana kau harus mengunduh firmware secara manual dan kemudian menerapkannya secara manual. Itu akan membuatnya terlalu sulit bagi pengguna awam untuk mengupdate firmware, terutama jikalau perangkat perlu sering mengupdate firmware.

Perangkat iOS menyerupai iPhone dan iPad juga terkadang mendapatkan firmware update. Perangkat ini memungkinkan kau mengunduh dan menginstal firmware dari perangkat itu sendiri sehingga kau tidak perlu mengunduh dan menginstalnya sendiri secara manual.

Namun, beberapa perangkat, menyerupai router, mempunyai pecahan khusus di konsol administratif yang memungkinkan kau menerapkan firmware update. Hal tersebut umumnya pecahan yang mempunyai tombol Open atau Browse yang memungkinkan kau menentukan firmware yang telah kau download. Sangat penting untuk membaca petunjuk manual penggunaan perangkat sebelum mengupdate firmware, hanya untuk memastikan bahwa langkah yang kau ambil benar dan kau telah membaca semua peringatan.

Fakta Penting Mengenai Firmware

Sama menyerupai peringatan produsen yang akan ditampilkan, sangat penting untuk memastikan bahwa perangkat yang mendapatkan firmware update tidak dimatikan ketika update sedang diterapkan. Firmware update parsial menciptakan firmware rusak, yang sanggup merusak cara kerja perangkat.

Sama pentingnya untuk menghindari install firmware update yang salah ke perangkat. Memberikan satu perangkat perangkat lunak yang dimiliki oleh perangkat yang berbeda sanggup menyebabkan perangkat keras itu tidak berfungsi menyerupai seharusnya. Untuk mengetahui apakah kau telah mendownload firmware yang tepat, cukup cocokan nomor model perangkat keras yang kau perbarui dengan firmware nya.

Seperti yang telah saya sebutkan, hal lain yang perlu diingat ketika mengupdate firmware ialah kau harus terlebih dahulu membaca petunjuk manual yang terkait dengan perangkat itu. Setiap perangkat itu unik dan akan mempunyai metode update atau restore perangkat firmware yang berbeda.

Beberapa perangkat tidak meminta kau untuk mengupdate firmware, jadi kau harus menyidik situs web pabrikan untuk melihat apakah pembaruan gres telah dirilis atau mendaftarkan perangkat di situs web produsen sehingga kau sanggup mendapatkan email ketika firmware gres keluar.

Referensi

Lifewire: What Is Firmware - https://www.lifewire.com/what-is-firmware-2625881

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Video Dari Youtube

Inilah Penyebab Dan Cara Memperbaiki Iphone Tidak Mau Nge-Charge

Cara Reset Ipad Kau Dan Menghapus Semua Konten